Tuesday, July 24, 2007

HIDUP SEHAT, SULIT???????

Sering kali kita mengeluh "mau menghirup udara bersih saja sekarang sulit banget" ya mungkin itu lah yang kita hadapi setiap saat, pasalnya disekitar kita orang merokok sudah bukan hal yang aneh lagi tapi sepertinya itu adalah sebuah gaya hidup wajib bagi kebanyakan orang. pernah q tanya ke teman q " seberapa penting sih rokok bagi kamu?" dia jawab " ya rokok itu makanan pokok bagi q". dan dari jawaban itu q hanya terbengong, "apa kurang waras orang ini?" pikir q saat itu. ya semua orang pasti taulah apa lagi perokok, dibungkusnya saja ada tulisan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, paru2, bahkan impotensi, dsb nya. So...... kalo rokok makanan pokok mereka berarti mereka bunuh diri pelan2 dong, gila!!!. Padahal kalo ditanya apa mereka dah siap mati?......eh sakit dulu deh... apa jawab mereka? tentunya jawabnya tidak kan? tapi mengapa masih melakukannya?
Itu hanya salah satu sebab saja, coz masih banyak sebab yang lain diantaranya makanan yang asal dalam arti jauh sekali dari standart kesehatan yang kita buuhkan, asap racun dari kendaraan motor yang sudah tidak bisa dikendalikan lagi peredarannya (hampir setiap penduduk punya kan? dan hitung saja dijalan berapa setiap hari yang keluar), asap pabrik kalo memang hidup di kawasan industri, dan masih banyak lagi yang ngeri mungkin bila q sebutkan semua.
So.....wajar jika sering bertanya hidup sehat, pakah sulit ??
"Sehat itu mahal" itulah istilah yang sering kita dengar, tapi jangan lupa sakit itu lebih mahal. Bayangkan saja jika kita sakit jantung, liver atau paru2, kita bakal terbaring saja di tempat tidur paling bagus kita hanya mampu beraktifitas yang sangat terbatas banget, apa lagi sudah parah yang musti operasi, perawatan dokter dsb. Berapa biaya yang mesti kita keluarkan untuk itu? bisa ratusan juta bahkan miliaran mungkin. So... siapa yang mau sakit.
Jadi lebih baik kita pilih gaya hidup sehat kan? walau mungkin itu sangat penuh perjuangan.
Sangat penuh perjuangan?? yup.. benar banget coz seperti yang sudah dibicarakan di ataskan apa saja halangannya. Nah mungkin perlu q bahas ya mengapa semua itu jadi halangan untuk kita jika mau hidup sehat.
Musuh utama kita ROKOK
(.urut artikel yg q baca http://rokok.komunikasi.org)
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu
kanker paru-paru yang mematikan.
Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek Racun
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
4x menderita kanker esophagus
2x kanker kandung kemih
2x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
So........masih berani merokok??
Buat mereka yang selama ini dengan seenaknya merokok disembarang tempat mesti berfikir seribu kali lipat jika benar2 mengerti dan paham dengan benar hal ini. coz selama ini tulisan yang ada sebagai peringatan di bungkus2 rokok hanya jadi hiasan manis saja tanpa mereka pedulikan.
Bahan kimia yang tidak aman dalam MAKANAN
Sering kita dengar makanan sekarang dah tidak aman lagi kita konsumsi, apalagi makanan cepat saji. musti hati2 dong bila jajan or pesan makanan? ya bener banget. Bahkan yang sulit kita hindari ternyata makanan yang kita makan sehari2 mingkin banyak mengandung MSG, wah itu bisa banget mengganggu kesehatan kita. Kenapa? coz msg dapat menembus jaringan penyaringan antara darah dan otak yg terkontaminasi dapat mengakibatkan kelainan hati, trauma, hipertensi, stress demam tinggi, dan proses penuaan. nah siapa yang mau???? (q bukan mengarang lho tapi sumber terpercaya dr Peneliti LKJ-PIRAC, dr Nurhasan dlm situs http://www.mail-archive.com/forum@alumni-akabogor.net/msg00687.html).
Memang kita sulit untuk menghindari itu semua, tapi setidaknya kita bisa meminimalis untuk mengkonsumsi 2 hal itu. Trus bagaimana cara yang tepat kita bisa jaga kesehatan kita : cara yang tepat adalah :
  1. Olah raga cukup dan teratur dong
  2. hindari stress
  3. hindari merokok dan asao roko ( ini yg paling sulit kan?)
  4. konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna
  5. konsumsi vitamin yang cukup( suplemen kesehatan kan sekarang banyak)

kelima hal tadi kalau kita bisa cukupi semua Insya Allah kita bisa tuh yang namanya tetap sehat dan bergaya hidup sehat adalah pilihan bijaksana dan sangat smart.

Ok... dalam tulisan q selanjutnya mungkin bisa q uraikan lebih jauh lagi ya tentang gaya hidup yang tepat and vitamin or suplemen kesehatan apa yang tepat untuk kita.

so..... bersambung

No comments:

 
Free Blogger Templates