Wednesday, August 1, 2007

BEBAS BEREKSPRESI










BEBAS BEREKSPRESI




MENCARI UANG DENGAN BERKREATIFITAS





Tidak asing lagi berita banyak orang depresi karena factor ekonomi mereka yang lemah. Meningkatnya data jumlah pengangguran, kemiskinan, para gepeng adalah berita yang paling populer di TV maupun media masa. Lebih sering nasib yang mereka persalahkan.

Sebenarnya mereka bukannya malas untuk berusaha mencari pekerjaan, kalau kita Tanya mereka akan jawab sudah puluhan bahkan ratusan kali mereka mencoba melamar kerja di tempat manapun, so…. Apa yang salah??

Jumlah Penduduk yang potensial (produktif >17 th) menurut data dari BPS tahun 2004 kemarin hampir mendekati angka 150 juta penduduk dan tentunya bisa kita bayangkan bagaimana persaingan merebutkan lapangan kerja yang jauh lebih kecil itu. Jadi disini tidak mudah memang jika kita hanya terpacu pada kata mencari kerja/melamar kerja. Namun bila kita mau lebih cermat mencari kerja (mencari uang) tidak melulu kita harus melamar kerja pada orang lain/pada kantor2 lain. Tetapi kita sebenarnya bisa membuat sendiri lapangan kerja buat kita bila kita cermat dan cerdik. Modal adalah factor yang kita utarakan sebagai penghalang untuk melakukan hal ini. Sebagian dari kita mengartikan modal adalah dana (uang) dan tidak banyak orang yang mampu dalam jumlah besar untuk itu.

Saat ini sering kita dengar kata MLM (multilevel marketing) dan sudah banyak sekali (ratusan) bahkan yang sudah jalan di Indonesia. Sebenarnya MLM ini bisa kita manfaatkan karena relative tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Dan Modal besar yang dibutuhkan justru bukan pada dana (uang), tetapi kehlian marketing, relasi, dan yang terpenting knowledge product. Jadi untuk kita yang masih membutuhkan pekerjaan atau tambahan penghasilan mungkin cara ini adalah salah satu alternative oaling tepat yang ada. Keberhasilan kita dalam menjalankan MLM ini adalah tergantung pada kreatifitas kita. Mungkin banyak orang yang selama ini telah salah mengartikan MLM. Banyak orang melakukan dengan hanya mngajak orang atau menjaring downline baru tetapi mengesampingkan kewajiban utamanya berjualan/marketing jadi banyak pula yang berguguran ataupun gagal dalam bisnis ini. Tetapi banyak pula yang berhasil menjalankan bisnis ini, sebagian dari mereka telah bisa disejajarkan dengan pengusaha kelas kakap hanya dengan bergerak dalam MLM. Sebut saja Bp. Alex I.W dari MLM CNI dia telah berpenghasilan diatas seratus juta perbulannya. So…. Apa kita bisa juga seperti dia???? Bisa……Tentunya kita musti harus mulai melangkah.

Ada lagi usaha yang patut kita coba tanpa butuh modal dan besar tetapi skill musti besar. Yaitu menjadi Event Organizer. Dalam bisnis e.o ini kita dituntut untuk selalu berkreasi dan aktif bergerak. Memang tidak gampang tapi juga tidak sulit. Untuk yang baru bisa kita mulai dengan hal yang kecil dulu, seperti kita berikan jasa penyelenggara pesta ulang tahun, khitanan. Bahkan kita bisa juga mengadakan sebuah event kompetisi/lomba. Missal lomba fshion se kabupaten, lomba senam, dance competition, cheerleader competition,atau acara sport juga bisa. Kita musti ahli memanage suatu rencana. Acara memang tidak jauh dari biaya, dan bahkan biaya yang dibutuhkan tidak sedikit tetapi hal itu bisa kita siasati dengan kita menggandeng dan menjual program acara kita ke beberapa sponsor. Dengan kita tawari kompensasi yang sesuai tentunya kita tidak akan sulit mencari sponsor (tentunya sponsor disesuaikan dengan jenis dan sifat event kita).


Nah dua hal itu cukup membuka mata kita bahwa sebenarnya kita pun bias menciptakan pekerjaan sendiri tanpa menunggu kita untuk mencari2 dan menunggu kesempatan dari luar hanya sekedar mendapat uang. Asal kita mau berkreatif dan lebih berani berkreasi. 2 hal diatas hanya contoh kecil; karena kalau kita punya keahlian/kelebihan malah lebih bagus lagi. Misal kita punya keahlian dibidang seni wah semakin terbuka tuh peluang. Bias pelukis, dance, nyanyi, dll. Untuk jaman sekarang hal demikian sudah bukan sekedar hobbie saja tapi bias kita jadikan suatu sumber penghasilan atau kerja yang bias jadi sangat tidak terbatas.
Sooo…. Gal’s let’s do it.

No comments:

 
Free Blogger Templates