Sunday, February 3, 2008

PRESENTASI DEPAN UMUM? SIAPA TAKUT!!

Walau kita perempuan atau cowok sekalipun, kalau selama ini kita selalu kerja di balik meja, atau mungkin aktivitas selama ini jarang terkait dengan banyak orang terus secara tiba-tiba harus dipaksa untuk berbicara didepan umum (Presentasi) wah…pasti repot bahkan bisa sampai kita langsung deg-deg an. Bisa jadi sebelum kita melangkah ke depan mulut kita malah merapat, lidah kelu dan kaku dan otaK seakan berhenti tidak dapat berfikir. Hasilnya yang keluar dari mulut adalah hanya sedeet kata pendek. “Ah, eh,uh,…”



Tapi sebenarnya hal itu wajar saja karena kita tidak terbiasa dengan hal seperti itu. Tapi jika kita tahu cara- cara atau jurus bagaimana tampil di muka umum kta mugkin bisa enjoy aja kalau kita di minta bicara di depan umum. SSSsssssttttt berikut ini aku kasih bocorannya !!

Jangan pernah kita menganggap itu adalah momok, sehingga kita sudah takut sebelum mencobanya, cobalah untuk santai dan enjoy;
Setelah kita merasa nyaman..selanjutnya Introduction, berikan ilustrasi singkat diawal presentasi jangan terlalu bertele-tele, dan jangan penah mengatakan “maaf saya tidak ahli berpidato” atau “ maaf jika pidato saya kurang bagus “ Tapi sebaliknya kita buka dengan hal-hal yang menarik missal “bagaimana kabar anda hari ini apakah anda merasa anda sehat?” jika kesehatan menjadi topic kita atau missal “terimakasih anda telah meluangkan waktu anda untuk sesuatu yang sangat luarbiasa hari ini untuk menuju langkah sukses”, itu jika tema kita adalah presentasi untuk merekrut orang/anggota.

Body, maksudnya adalah isi dari presentasi atau pidato kita. Cobalah tetap focus agar tidak melantur kemana-mana keluar dari topic. Jangan lupa beri fakta juga testimony bahkan pengalaman kita atau orang-orang yang sudah terbukti, agar presentasi kita lebih berisi dan meyakinkan.

Solution, adalh kesempatan kita untuk mengngatkan audience kembli ke ide utama dari presentasi kita dengan singkat dan ajaklah audience atau undangan kita unuk mempraktikkan ide tersebut di dunia nyata.bahkan inilah kesempatan untuk membuat komitmen untuk bergabung menjadi anggota.

Closing, untuk menyudahi presentasi jangan pernah meminta maaf atas apa yang anda katakana, karena itu membuat pendengar menjadi tidak yakin lagi dengan anda. Sudahi presentasi anda dengan yakin dan percaya diri.



Yup…itu beberapa jurus jitu, yakin deh kalau semua itu bisa kita kuasai pasti kita akan jadi jago dalam dunia presentasi. So… Bicara di depan umum kini tidak lagi boleh jadi momok bagi kita. Kuasai teknik nya dan…selanjutnya terserah kita.

1 comment:

sachroel said...

siiiiip....bisa dicoba nih

 
Free Blogger Templates